Pemuda Desa Yang Terlupakan

Anda adalah orang dewasa, berjalan melalui pusat keramaian, Anda melihat kumpulan remaja berkeliaran. Anda kagum dengan energi mereka – atau mungkin, Anda terkejut dengan beberapa kejenakaan mereka. Anda mengharapkan (untuk keseratus partisipasi – Anda memiliki anak Anda sendiri) bahwa Anda dapat menyalurkan energi untuk menjadi sesuatu yang produktif.

Atau mungkin kamu seorang remaja, dan seorang gadis di sekolah baru saja membunuh dirimu sendiri. Dia bukan teman baikmu, tapi tetap saja – kamu tetap sangat buruk. Anda bertanya-tanya apa yang bisa Anda lakukan, atau apakah ada tanda-tanda Anda baru saja melewati. Anda bahkan mencari di internet untuk beberapa informasi tentang dipaksa remaja, tetapi Anda membutuhkan lebih dari fakta. Anda ingin menemukan cara untuk memastikan ini tidak terjadi lagi di sekolah Anda. Anda tahu beberapa teman Anda merasakan hal yang sama – tapi apa yang bisa Anda lakukan?

Baik orang muda yang peduli atau orang dewasa yang tertarik, satu opsi yang terbuka untuk Anda yang memulai organisasi remaja. Organisasi yang dijalankan oleh atau untuk kaum muda dapat menawarkan banyak hal kepada komunitas Anda. Pikirkan semua organisasi yang telah Anda ketahui – Anda mungkin pernah terlibat dalam organisasi, pada satu waktu atau yang lain. Ada beberapa kelompok yang berpusat di setiap topik yang bisa Anda bahas, dengan beragam tujuan.

 

MENGAPA MENDIRIKAN ORGANISASI PEMUDA DI DESA

Partisipasi dalam organisasi pemuda juga memiliki banyak keuntungan bagi remaja itu sendiri, juga bagi seluruh masyarakat. Tentu saja, keuntungan yang paling jelas dari sumbangan adalah organisasi pemuda yang menyediakan forum bagi kaum muda untuk penuh, efektif untuk masalah yang sangat penting bagi mereka, seperti perjuangan atau pendidikan kaum muda. Namun, ada banyak keuntungan bagi kelompok pemuda. Kami mencantumkan beberapa keuntungan di bawah ini.

 

KEUNTUNGAN BAGI KAUM MUDA:

1. Menjadi bagian dari kelompok dapat membantu kaum muda mengembangkan keterampilan pribadi dan antarpribadi yang penting. Ini termasuk kemampuan untuk berpikir kritis dan menyelesaikan masalah, dan mempertimbangkan tanggung jawab pribadi dan kelompok.

2. Itu juga dapat membantu kaum muda mendapatkan kepercayaan diri dan harga diri. Berkontribusi pada suatu kelompok dapat membantu mereka melihat diri mereka sebagai orang yang benar-benar dapat membantu orang lain, dan memiliki sesuatu yang penting untuk ditawarkan.

3. Ini dapat membantu mengurangi risiko yang terlibat dalam kegiatan yang tidak aman, seperti menggunakan narkoba dan alkohol. Terlibat dalam kegiatan masyarakat telah terbukti menjadi faktor pelindung – yaitu, ini membantu kaum muda untuk membuat pilihan yang sehat. Itu karena melibatkan dalam suatu organisasi, mereka dapat mengembangkan identitas “aman”, dan kecil mengeluarkannya untuk disetujui dalam kegiatan yang tidak aman (seperti yang aktifkan seksi sebelum siap) untuk memungkinkan menjadi bagian dari mereka.

4. Kaum muda yang terlibat dalam organisasi dapat mengembangkan keterampilan, termasuk organisasi, kemampuan untuk memfasilitasi pertemuan, dan pengalaman bekerja dengan berbagai macam orang.

5. Keterampilan ini yang dipelajari oleh kaum muda dari kelompok yang bisa membantu mereka menjadi lebih siap untuk pekerjaan apa pun yang mereka pilih.

6. Seringkali, organisasi memberi pemuda “ruang aman” yang tidak akan mereka miliki – tempat di mana mereka dapat berbicara tentang senior dan kegiatan, atau hanya dapat berbicara dengan teman sebaya dan orang dewasa yang peduli.

7. Organisasi kepemudaan menawarkan peluang kepemimpinan yang tidak dapat diperoleh oleh kaum muda.

8. Kaum muda yang terlibat dalam organisasi dapat menerima informasi tentang tetap aman dan sehat dari teman sebayanya atau orang dewasa yang mereka kenal dan hormati. Mereka kemudian meminta informasi kepada orang muda lainnya. Dengan cara ini, organisasi pemuda menawarkan cara yang kredibel bagi kaum muda untuk belajar tentang tetap sehat, karena mereka dapat mempelajarinya dari teman yang mereka kagumi, dari orang dewasa atau orang luar yang berpendapatnya mungkin tidak mereka hargai.

9. Kaum muda dapat mengembangkan jaringan yang kuat dari kaum muda yang lain yang membuat pilihan yang sehat, dan yang dapat membantu mereka dalam bidang kesehatan juga.

KEUNTUNGAN BAGI KOMUNITAS:

1. Organisasi pemuda dapat mengubah persepsi masyarakat tentang anak muda menjadi “masalah” menjadi bagian penting dari membuat hidup lebih baik di masyarakat.

2. Melibatkan kaum muda dalam komunitas membantu mereka melihat diri mereka sebagai bagian dari keseluruhan; mereka benar-benar menjadi penyebab masalah dan lebih ingin mencari solusi.

3. Dengan melibatkan orang-orang muda, komunitas memungkinkan mereka untuk hati-hati mengembangkan potensi mereka, membuat kompilasi mereka tumbuh dan belajar mereka dapat menjadi pemimpin masyarakat yang berjuang dan siap.

4. Organisasi masyarakat lainnya dapat bermitra dengan organisasi pemuda, untuk saling menguntungkan. Kaum muda dapat membawa sejumlah besar kehidupan ke sebuah organisasi; sering kali, energi, antusiasme, kreativitas, dan perspektif mereka sangat berharga bagi anggota masyarakat yang lebih besar yang memilih untuk memfasilitasi mereka. (*)

 

#bersambung ……..

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply