Komisi X DPR: Kondisi Darurat, Pelajar Berhak Dapat Pendidikan Layak

INDOPOLITIKA.COM – Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim untuk tetap dapat menjamin pelajar mendapatkan pendidikan yang layak di tengah keadaan darurat yang disebabkan pandemi Coronavirus deseases (Covid-19). Sebab bagaimanapun, pelajar merupakan pemegang tongkat estafet kepemimpinan Indonesia di masa depan.

Agustina menyatakan bahwa hingga detik ini, masih banyak pelajar yang kesulitan mendapat jaringan internet di berbagai daerah sehingga harus jadi perhatian utama Kemendikbud.

“Rencana apa, tindak lanjut apa sampai dengan tanggal 20 mei untuk kegiatan belajar mengajar itu tetap dilaksanakan. Saya tekankan lagi walaupun negara dalam keadaan darurat. Mengapa demikian Mas Menteri (Mendikbud)? Karena kegiatan belajar mengajar itu merupakan sebuah tantangan yang harus dilaksanakan mengingat kita mempersiapkan generasi muda ke depan. Jangan sampai ada yang missed,” jelas Agustina.

Politisi Fraksi PDI-Perjuangan tersebut kemudian menegaskan bahwa peran Kemendikbud dalam menjaga mental berpikir anak mengenai prioritas belajar mereka sangat diuji di tengah situasi darurat ini. Untuk itu, ia berharap agar Kemendikbud segera menetapkan skala prioritas terhadap para pelajar dan meminta agar tidak ada siswa yang tertinggal nantinya.

“Saya tekankan lagi, kegiatan belajar mengajar itu merupakan sebuah tantangan yang harus dilaksanakan mengingat kita mempersiapkan generasi muda ke depan. Jangan sampai ada yang missed. Jangan sampai anak itu lebih banyak berpikir mengenai bagaimana menyelamatkan diri dari dampak Covid-19, tetapi lupa bahwa tugas mereka adalah juga akan memegang tongkat estafet kepemimpinan kita di masa depan,” imbuh Agustina.

Dengan melihat jaringan luar biasa yang dimiliki Kemendikbud juga model koordinasi yang baik dan anggaran yang mencukupi, Politisi dapil Jawa Tengah IV ini yakin bahwa Kementerian ini dapat memberikan kepastian pendidikan kepada seluruh anak bangsa serta memiliki cara antisipasi kalau-kalau keadaan darurat seperti ini terulag di masa mendatang.

“Tadi ada usulan untuk memberdayakan RRI dan TVRI, mari itu kita coba segera. Ada juga usulan meminjam buku perpustakaan sekolah, mari semua kita coba. Supaya anak-anak mendapat pendidikan yang layak. Saya yakin dan percaya bahwa dengan jaringan yang luar biasa, Kemendikbud tentu mampu menjadi pencerah bagi para anak didik,” tutup Agustina.[asa]

 

https://indopolitika.com/komisi-x-dpr-kondisi-darurat-pelajar-berhak-dapat-pendidikan-layak/

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply