Pengenalan Pemasaran Langsung Pertanian

Pengenalan Pemasaran Langsung Pertanian

 

Pemasaran langsung pertanian melibatkan penjualan produk dari pertanian langsung ke pelanggan. Seringkali, petani menerima harga yang sama dengan harga toko bahan makanan. Metode pemasaran ini lebih bersifat kewirausahaan atau bisnis perusahaan pemasaran grosir. Dengan kata lain, petani yang menggunakan metode ini menumbuhkan “produk” lebih dari tanaman. Kesempatan untuk mendapatkan petani adalah salah satu konsumen suka membeli dengan cara ini. Pengalaman pengalaman menjadi bagian dari produk.

Di sini   penjualan ke restoran, toko ritel dan aparat   di antara pendekatan pemasaran karena petani memiliki kendali atas harga dan transaksinya didasarkan pada hubungan dengan pemilik bisnis. Harga bervariasi dan mungkin lebih tinggi untuk penjualan ke restoran, tetapi lebih rendah untuk toko grosir.

Keuntungan pemasaran langsung pertanian:

  • Karena sejumlah kecil produk pertanian dapat dijual, produsen kecil dapat menilai.
  • Petani menentukan harga atau mengontrol harga. Produk dan layanan yang baik bisa mendapatkan harga yang menarik dan oleh karena itu, pertanian kecil bisa menguntungkan.
  • Pembayaran biasanya langsung.
  • Selain itu, petani menerima umpan balik instan dari pelanggan tentang produk dan layanan. Petani dapat meningkatkan usahanya melalui input ini dan meningkatkan keuntungan usahatani.

Saluran Pemasaran Langsung

Jalan Pasar Pinggir   – Opsi ini memungkinkan petani untuk tinggal di dalam atau di dekat pertanian, transportasi ke pasar. Jika ditetapkan sebagai stand “sistem kehormatan”, opsi ini memiliki waktu dan kebutuhan infrastruktur yang minimal. Stand pinggir jalan yang lebih substansial membutuhkan investasi dalam infrastruktur, papan petunjuk arah, pemasaran, dan staf. Lokasi juga menjadi pertimbangan utama dengan gerai ini.

Pasar Petani  – Memastikan produk Anda dihadapkan pada volume konsumen yang lebih tinggi yang umumnya akan membayar harga tertinggi per Kg / buah, sementara juga menempatkan Anda dalam persaingan langsung dengan vendor lain. Cara yang bagus untuk membangun loyalitas pelanggan, mendapatkan umpan balik langsung, dan mempromosikan bisnis pertanian Anda. Penjualan pasar petani dapat menghasilkan hari-hari yang sangat panjang, keluar dari properti atau berinvestasi pada staf, menjalankan truk, dan menghadapi ketidakpastian terkait cuaca pada hari-hari pasar. Menjual di pasar membutuhkan interaksi pelanggan tingkat tinggi. Petani perlu memiliki transportasi dan penyimpanan yang tepat, kemampuan untuk menerima berbagai bentuk pembayaran, dan perlu mengembangkan ide yang cukup bagus tentang apa yang akan Anda jual pada hari tertentu. Petani juga ingin mengingat biaya vendor yang diperlukan dan persyaratan lain untuk pasar.

Pilih Sendiri   – Opsi ini agak baru tetapi membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja di pihak petani, tetapi membutuhkan lebih banyak perhatian pada hubungan masyarakat, pengendalian massa untuk mencegah kerusakan dan kerusakan tanaman, dan staf pada hari pemetikan. Anda harus siap menghadapi potensi kerusakan tanaman dan kemungkinan seseorang terluka di pertanian. Pemasaran saluran ini bekerja dengan baik pada tanaman tertentu, dan sama dengan kebun buah. Lokasi yang nyaman sangat membantu dengan model ini.

Pertanian Berlangganan, atau Program Pertanian yang Didukung Komunitas (CSA)   – Dalam model ini, pelanggan Anda melaporkan dan membayar bagian mereka dari produk sebelum musim tanam, biasanya di musim dingin. Ini memberi Anda modal ketika Anda membutuhkannya di awal musim, dan menjamin outlet untuk produk Anda. Ini juga memiliki manfaat untuk menciptakan pelanggan setia dan rasa kebersamaan. Itu membutuhkan interaksi dengan anggota dan mencari tahu logistik di pertanian, dan / atau pengiriman di luar pertanian, serta dengan rencana cadangan untuk memastikan kotak lengkap setiap minggu. Anda juga ingin mempertimbangkan persaingan yang mapan di wilayah Anda dan mengubah persepsi dan harapan pelanggan untuk CSA.

Restoran / Hotel / Dhabas   – Dapat sangat cocok untuk tanaman khusus dan varietas khusus. Pemasaran melalui restoran melalui restoran sepanjang tahun, bisa menjadi PR yang hebat dan memiliki potensi pertumbuhan kontrak. Beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan adalah jumlah pesanan yang bisa diandalkan dan / atau tidak dapat diandalkan; tekanan yang lebih besar untuk memenuhi standar kuantitas dan kualitas; Dan potensi kesulitan bekerja dengan Koki yang jadwal dan petunjuk berbeda, dan mungkin tidak memahami musim.

(https://www.linkedin.com/pulse/f2c-farmer-consumer-farm-direct-marketing-mandeep-pujara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *